Service AC Rumah untuk Perawatan yang Bisa Anda Kerjakan Sendiri

AC (air conditioner) seakan menjadi benda yang wajib dimiliki terutama bagi mereka yang tinggal di daerah padat penduduk, misalnya Jakarta. Maka tak heran jika saat ini banyak jasa servis AC rumah yang membuka lapak di sekitar tempat tinggal kita.

AC memang didesain oleh produsennya agar dapat digunakan dalam waktu yang lama bahkan tanpa henti. Namun tetap saja, AC rumah juga perlu dirawat secara berkala agar awet dan kondisinya selalu prima.

Sebagian besar orang menggunakan jasa servis AC untuk melakukan perawatan AC di rumah. Padahal perawatan AC merupakan tindakan yang sederhana dan mudah untuk Anda praktikan sendiri.

Tidak memerlukan banyak perkakas, Anda hanya perlu menyediakan waktu dan kemauan untuk belajar agar bisa melakukan pekerjaan ini. Dengan melakukan perawatan sendiri, Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Cara Servis AC Rumah Tanpa Bantuan Jasa Servis

Berikut ini adalah bagian – bagian AC yang bisa Anda rawat sendiri beserta cara perawatannya. Jangan lupa untuk memutus aliran listrik ke AC demi keamanan dan kenyamanan Anda.

  1. Filter mesin cuci

Filter berguna untuk menyaring udara agar tidak menyumbat evaporator. Bagian ini perlu rutin dibersihkan. Jika tidak, debu akan terakumulasi dan pada akhirnya menghalangi sirkulasi udara pada AC. Caranya, buka cover AC kemudian ambil filternya.

Anda bisa membersihkan debu pada filter menggunakan kemoceng, lap, atau kuas. Selanjutnya bersihkan dengan sabun menggunakan spons. Bilas hingga bersih. Jemur hingga kering, lalu Anda bisa memasangkannya kembali.

  1. Evaporator

Evaporator ini terletak dibagian belakang filter. Membersihkan bagian ini memang sedikit merepotkan sehingga kebanyakan mereka lebih menggunakan jasa servis AC rumah. Untuk membersihkan evaporator Anda membutuhkan plastik yang panjang, air dan semprotannya, serta sikat berbulu lembut.

Caranya, bersihkan evaporator dengan sikat secara perlahan. Lalu semprotkan dengan air sampai semua kotoran terlepas dari evaporator. Air yang jatuh akan ditampung oleh plastik yang sudah dipasangkan di bawah AC.

  1. Outdoor unit

Outdoor unit merupakan bagian AC yang terdapat di luar ruangan. Bagian ini terdiri dari kondensor dan kipas. Cara membersihkan bagian ini sama dengan membersihkan evaporator. Mula – mula, Anda perlu melepaskan penutup outdoor unit, selanjutnya gunakan kemoceng untuk membersihkan kotoran yang melekat di kondensor dan kipas.

Selanjutnya semprotkan air ke sela – sela kondensor dan kipas hingga bersih.  Jika dirasa belum bersih, Anda bisa menyikat bagian tersebut menggunakan sikat yang lembut.

  1. Bagian permukaan ac

Permukaan AC atau cover juga perlu dibersihkan. Diantara bagian lainnya, cover merupakan bagian yang paling mudah dibersihkan. Untuk membersihkan cover Anda bisa menggunakan kemoceng atau lap yang sedikit dibasahi dengan air.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengelapan ke seluruh tubuh AC. Lap permukaan AC secara berulang – ulang hingga benar – benar bersih. Terakhir, Anda juga bisa mengulangi dengan menggunakan lap kering, agar bersih yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Demikian perawatan AC  yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengundang jasa service ac rumah ke tempat tinggal Anda. Semoga tulisan ini bisa membangkitkan semangat Anda untuk mulai mencoba merawat AC sendiri secara berkala. Jangan ragu untuk selalu menggali informasi dari berbagai sumber, agar Anda bisa lebih lihai dalam melakukan perawatan AC rumah. Sekian.