Kapan Anda Perlu Periksakan Tekanan Darah Ke Dokter?

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang menekan dinding pembuluh darah. Tekanan darah dapat ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung, serta jumlah resistensi-nya pada aliran darah dalam arteri.

Nah, tekanan darah tinggi atau hipertensi, adalah kondisi dimana tekanan darah tersebut terlalu tinggi dan berlangsung terus-menerus. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa tidak menimbulkan gejala. Meski begitu, dampak dari darah tinggi, yaitu kerusakan pada pembuluh darah dan jantung, dapat dideteksi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi umumnya berkembang selama bertahun-tahun, dan kondisi ini bisa terjadi pada hampir setiap orang. Untungnya, tekanan darah tinggi dapat dideteksi dengan mudah. Dengan begitu, Anda dapat tahu jika tekanan darah Anda sedang tinggi sehingga antisipasi dan upaya pengendalian bisa segera dilakukan.

Gejala

Memang, kebanyakan orang yang menderita tekanan darah tinggi tidak merasakan gejala atau tanda apapun. Tapi, ada beberapa orang yang merasakan gejala saat menderita tekanan darah tinggi. Gejalanya seperti sakit kepala, sesak nafas, atau mimisan.

Sekali lagi, tidak semua orang merasakan dengan spesifik gejala-gejala tersebut dan bisa saja gejala ini muncul hanya jika tekanan darah sudah sangat tinggi.

Kapan Harus Ke Dokter?

Tekanan darah perlu diperiksa secara rutin tiap kali Anda berkunjung ke dokter. Mintalah dokter Anda untuk memeriksa tekanan darah setidaknya dua tahun sekali, dimulai dari usia 18 tahun. Jika Anda berusia 40 atau lebih, atau jika Anda berusia 18-39 tahun tapi memiliki risiko yang tinggi, mintalah dokter Anda untuk memeriksa tekanan darah setahun sekali.

Tekanan darah umumnya harus diperiksa di kedua lengan, cara ini bertujuan untuk menentukan apakah ada perbedaan antara hasil dari kedua tangan tersebut. Sangat penting untuk menggunakan manset lengan berukuran tepat. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan lebih sering jika Anda sudah terdiagnosis dengan tekanan darah tinggi, atau jika Anda punya faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskular.

Pemeriksaan tekanan darah pada anak-anak di usia 3 tahun atau lebih, biasanya dilakukan berbarengan dengan pemeriksaan tahunan mereka.

Jika nampaknya Anda tidak dapat menemui dokter secara rutin, Anda bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah di pusat kesehatan setempat atau di acara-acara yang menyediakan pemeriksaan tekanan darah.

Anda juga bisa menggunakan alat yang dijual di apotek untuk mengukur tekanan darah. Namun, alat tersebut tetaplah memiliki keterbatasan dan kekurangan. Keakuratan mesin ini bergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran manset dan cara menggunakannya. Konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan alat pengukur tekanan darah tersebut.

Sumber: https://www.deherba.com/hipertensi-dan-gangguan-fungsi-jantung.html