Ide Penataan Rumah Agar Rapi dan Nyaman

Ide Penataan Rumah Agar Rapi dan Nyaman

MENJAGA RUMAH rapi adalah satu alasan dibuatnya penyimpanan agar tetap yang bersifat terbuka atau open storage. Penyimpanan model ini memungkinkan barang-barang yang tersimpan dapat terlihat, baik ia berupa rak, gantungan, maupun lemari berpintu transparan. Dengan isi yang terlihat, kita “terpaksa” merapikan agar penyimpanan tersebut tidak mengganggu pandangan. Namun, merapikan rumah merupakan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Mengapa kita tidak mencoba mengubah mindset, lalu menganggap merapikan rumah bukan sebuah pekerjaan? Jadikanlah merapikan rumah sebuah kebiasaan, sehingga tidak ada beban saat menjalankannya. Ada sebuah metode yang dapat diterapkan jika kita ingin terbiasa membuat rumah rapi. Ketika meninggalkan ruang, usahakan tangan tidak dalam keadaan kosong.

Ambil barang apapun yang tidak pada tempatnya dan segera kembalikan ke tempat yang benar. Jika ini jadi kebiasaan, kita tidak perlu lagi menyediakan waktu khusus untuk beres-beres. Masih banyak manfaat lain dari penyimpanan bermodel terbuka. Sebagai pengendali diri agar tidak berbelanja berlebihan adalah salah satunya. Simak lengkapnya di halaman-halaman berikut ini. Dapatkan juga inspirasi desain penyimpanannya! SEMU A ORANG tentu pernah dan akan mengalami hal ini: rumah makin lama, semua keluarga, makin terasa sesak oleh bertambahnya penghuni dan meningkatnya kebutuhan. Setiap kebutuhan menuntut hadirnya sebuah sarana dan barang baru. Tak ayal, semakin hari akan terjadi tumpukan barang yang kalau dibiarkan bisa memenuhi setiap sudut ruang. Di sinilah sebuah tempat penyimpanan diperlukan. Namun, membuat storage sesungguhnya bukan hal yang mudah. Banyak orang terjebak. Alih-alih dapat mengurangi sumpeknya rumah karena menumpuknya barang, kenyataannya justru menambah jumlah barang yang harus ditampung di rumah. Harry Gonzo, desainer interior, mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan menyimpan barang itu merupakan sebuah seni. Ada banyak cara untuk melakukannya. Ada beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan saat menyimpan barang. Apa jenis barangnya, di mana disimpan (tempat penyimpannya), bagaimana menyimpan dan mengambilnya, diletakkan di mana (posisinya) sehingga bisa dilihat atau dinikmati. “Poin terakhir, yaitu bisa dilihat dan dinikmati, adalah syarat yang berkembang saat ini seiring makin banyaknya orang butuh mengaktualisasikan dirinya,“ tambahnya

Terbuka atau Tertutup Transparan

Open storage, dikenal sebagai jenis penyimpanan yang terbuka, tanpa tutup atau dengan disertai tutup namun transparan sehingga tetap dapat menampilkan objek yang disimpan di dalamnya. “Saat ini mulai banyak orang menerapkan open storage seiring dengan kebutuhan mereka, ingin menampilkan identitas dirinya,” ujar Dina Hartadi, desainer interior. Banyak orang narsis, dalam arti positif yang ingin dikenal sebagai dirinya sendiri. Menunjukkan barang koleksinya, hobinya, dan posisinya. Open storage pun menjadi sarana untuk melakukan itu. Lain lagi pendapat Nico Wiroutomo, desainer produk. Penerapan open storage menurutnya adalah sebuah solusi atas keterbatasan tempat dan biaya, dan juga alasan kepraktisan. Banyaknya open storage menjadi alasan seseorang ingin lebih dimudahkan dalam menyimpan dan memakai barang-barangnya. Pendapat ini disimpulkannya dari beberapa pengalamannya mendesainkan produk storage para kliennya.

Bagaimana Pengaplikasiannya?

Ketika Anda punya koleksi barangbarang seperti buku, botol minum, atau pernak-pernik, sangat disayangkan jika koleksi pribadi itu disimpan di gudang atau dalam wadah tertutup. Padahal ada cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan menerapkan open storage. Anies Alkurratu, desainer interior, mengatakan, memajang barang-barang koleksi, selain membuat benda tersebut tetap aman dan terawat, juga berfungsi sebagai elemen estetis interior. “Untuk hal ini, tentu harus memerhatikan kaidahkaidah penataan interior sehingga bendabenda yang dipajang terlihat harmonis dan selaras dengan interior ruangan,” tambahnya.

Apa Saja Bentuknya?

“Kombinasi antara kreativitas desain dan material yang digunakan dapat membuat open storage sebagai point of interest di rumah,” jawab Nico. Kreativitas, akan menghasilkan beberapa pilihan jenis open storage. Misalnya, open storage menempel di dinding bisa dipilih ketika ingin menghemat tempat, karena penyimpanan seperti ini biasanya tidak terlalu tebal. Cara lain untuk menghemat tempat adalah dengan membuat penyimpanan yang ditanam di dinding. Rak melayang, alternatif lainnya. Ini dipilih jika ingin kesan yang ringan dan terlihat lebih praktis. Penggunaan kaca transparan sebagai penutup adalah pilihan dengan mempertimbangkan mudahtidaknya perawatan sesuai sifat objek. Keindahan tampilan menjadi faktor yang penting bagi sebuah open storage. Ia harus menampilkan desain dan objek yang menarik sehingga memberi nilai lebih pada keindahan ruang. Terlepas dari sisi tampilan, sisi fungsi pun tak boleh dilupakan. Kekuatan dan kemampuan menahan beban, kemudahan perawatan, serta biaya pembuatan harus tetap melengkapi keputusan dalam menciptakan sebuah open storage.

Hal Lain yang Perlu di Perhatikan

Selain penataan interior ruangan, rumah juga perlu di perhatikan kebersihan, saluran ventilasi dan kepastian aliran listrik 24 jam untuk memastikan kenyamanan penghuni rumah. Genset perkins 10 kva kami rekomendasikan sebagai sumber listrik cadangan. Dengan genset perkins tersebut di harapkan kenyamanan penghuni rumah semakin terjaga. dan semakin betah beraktifitas di dalam rumah.