Cara Membuat Lantai Beton Bersinar

Dua Cara Membuat Lantai Beton Bersinar

Lantai beton memiliki permukaan yang sangat serbaguna yang tidak hanya super awet tetapi juga sangat mudah dibuat bersinar. Pada artikel ini kami akan sedikit mengulas mengenai Cara Membuat Lantai Beton Bersinar, ada dua caranya yaitu dengan cara epoxy lantai beton dan dengan cara troweling atau menggosok permukaan lantai beton. Cara yang pertama dilakukan dalam keadaan lantai beton sudah jadi & epoxy bersifat coating diatas permukaan lantai beton. Sedangkan cara kedua dilakukan bersamaan dengan pengecoran lantai beton tsb berlangsung. Mau tahu caranya yuk baca terus artikel ini!!

Tidak mengherankan bahwa kebanyakan pabrik dan pergudangan menggunakan beton untuk lantai pilihan mereka. Hal tersebut dipilih karena beton dapat menahan gesekan lalu lintas baik pejalan kaki dan kendaraan yang tinggi serta mudah dibersihkan dan dirawat. Dengan beberapa alat dan sedikit pengetahuan, Anda dapat membuat lantai beton Anda bersinar seperti linoleum. Kali ini kami akan memberitahukan caranya, yang pertama menggunakan cara epoxy lantai.

Dengan Cara Epoxy Lantai

epoxy-lantai

Langkah 1

Isi semua celah dan lubang dengan pengisi beton epoxy. Biasanya dilakukan dengan cara mencampur epoxy dengan pengeras dan pasir. Jumlah pasir yang digunakan akan tergantung pada lebar retakan yang terisi. Biarkan hingga kering selama waktu yang disarankan sebelum pindah ke bagian lantai yang lain.

Langkah 2

Lapisi lantai dengan menggunakan pasir kasar terlebih dahulu. Biasanya Anda mempekerjakan seseorang untuk melakukan proses ini karena mereka memiliki mesin yang tidak hanya memoles lantai tetapi juga menyedot debu beton saat mesin bekerja. Pemolesan dan pengerasan lantai beton merupakan pekerjaan yang umum dilakukan saat akan membuat lantai pabrik dan lantai pergudangan sehingga kontraktor yang melakukan pekerjaan semacam ini banyak dijumpai dan mudah ditemukan.

Langkah 3

Tingkatkan tipe atau nomer spek amplas sedikit demi sedikit. Misalnya, jika Anda mulai dengan amplas nomer 80 grit amplas, setelah semua permukaan sudah teramplas dengan baik baru kemudian nomer amplas diganti ke level yang lebih halus, misal Anda menggantinya dengan nomer 1500 agar bersinar halus. Ini akan membuat lantai dengan sinar yang super yang kotorannya saja akan sulit untuk menempel.

Langkah 4

Oleskan sealer anti noda untuk menjaga lantai agar tidak menyerap kotoran dan debu. Ini biasanya merupakan formula epoxy yang diaplikasikan dengan roller cat atau kuas cat di bagian tepinya. Asap dan aroma yang ditimbulkan sangat beracun dan harus diperhatikan untuk menyediakan ventilasi yang baik, terutama jika berada di ruangan yg tertutup seperti rumah atau tempat kerja.

Langkah 5

Selalu kondisikan lantai tetap dalam keadaan bersih dengan cara mencuci atau di pel dengan pembersih detergen umum yg ada dipasaran. Lantai beton yang dipoles dg epoxy terkenal karena rendah pemeliharaan dan mudah dikerjakan serta sederhana dalam pembersihan. Hanya memerlukan pembersih ringan yang biasanya diperlukan untuk mempertahankan hasil akhir yang tinggi. Kadang-kadang orang akan meneranginya dengan listrik untuk mempertahankan kilau yang tinggi, terutama jika itu adalah daerah dgn lalu lintas yang tinggi.

Dengan Cara Floor Hardener Lantai

floor-hardener

Cara Membuat Lantai Beton Bersinar lainnya adalahdengan cara floor hardener. Cara ini dilakukan dengan cara memoles permukaan lantai beton saat pengecoran berlangsung, pemolesan dilakukan dengan cara manual baru kemudian menggunakan mesin trowel dalam keadaan permukaan beton setengah kering. Pemolesan terus dilakukan sambil menaburkan bubuk floor hardener yang bisa dipesan menggunakan warna warna tertentu sesuai selera. Berikut metode pengerjaan floor hardener :

1. Persiapan Permukaan Lantai Beton

Sebagai informasi tambahan, tebal lantai beton yang disarankan adalah minimal 15 cm, penuangan adukan beton yang dituangkan ke lokasi cor sebaiknya diratakan mengunakan batang penggetar atau vibrator. Agar mutu beton terjaga dgn baik sebaiknya gunakan mutu beton dgn slump rendah 10 +/- 2 cm atau gunakan additive plasticizer.

2. Perataan Permukaan atau Leveling

Permukaan lantai beton diratakan dengan batang jidar sesuai dengan level yang direncanakan, setelah dirasa plastisitas permukaan lantai beton cukup poles permukaannya beton dengan mengunakan trowel berbahan kayu baru kemudian trowel mesin sbg finishing.

3. Penaburan Bubuk Floor Hardener

Tekan permukaan lantai beton menggunakan jari, jika bekas penekanan tsb menyisakan bekas sedalam 3-5 mm itu berarti sudah bisa ditaburi bubuk floor hardener. Ratakan penaburannya dengan menggunakan tangan atau alat tambahan.

4. Pemadatan Permukaan Lantai Beton

Setelah penaburan dilakukan dg merata tunggu sejenak hingga bubuk floor hardener tersebut meresap dengan sempurna ke dalam permukaan beton dg kondisi setengah basah tsb. Gunakan mesin trowel dg speed rendah dan blade yang rata.

5. Penghalusan Awal

Setelah kondisi lantai beton pada kondisi initial set atau mulai mengeras poles lagi permukaan lantai menggunakan mesin trowel dengan sudut rendah dan blade mesin menggunakan bahan logam yg lebih halus.

6. Penghalusan Akhir

Penghalusan akhir atau bisa dibilang finishing akhir dilakukan menggunakan mesi trowel dengan speed baling baling pada posisi tinggi. Agar permukaan lantai beton terlindungi dari hidrasi air semen yang tinggi semprotkan permukaan uap air lalu ditutup dengan bahan yang transparan agar mudah dimonitor.

Karena pemolesan lantai beton ini membutuhkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman bertahun tahun gunakan kontraktor yang menyediakan Jasa Trowel Floor Hardener lantai agar hasil pekerjaan ini bisa bagus sesuai dengan rencana.

Semoga artikel kami kali ini mengenai Cara Membuat Lantai Beton Bersinar ini bermanfaat buat Anda terima kasih.

 

 

Tagged , , ,